SEKILAS INFO

Festival Budaya Gawi Barinjam ke-10

Adat dan kebudayaan daerah sekarang ini berangsur-angsur mulai ditinggalkan seiring dengan derasnya arus globalisasi. Saat ini sudah sangat jarang dijumpai para generasi muda yang mengenal berbagai ragam tradisi permainan rakyat yang sejak dulu telah menjadi kebudayaan daerah.

Masih dalam rangkaian Peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan Ke-71, Dinas Perhubungan Komunikasi Informasi Budaya dan Pariwisata Kabupaten Sukamara menggelar Festival Budaya Gawi Barinjam. Bertempat di Gedung Gawi Barinjam pada Senin (22 Agustus 2016) Festival yang ke-10 Tahun 2016 dibuka oleh Wakil Bupati Sukamara Haji Windu Subagio.

Dalam pekan budaya yang berlangsung pada 22- 26 Agustus 2016 ini dilombakan berbagai jenis kegiatan dalam 12 cabang yang meliputi Permainan Balogo, Bagasing, menyumpit, dan memasang, menangkap ikan. Tak kalah seru juga permainan yang termasuk olag raga berat seperti lomba dayung tradisional, badayung hantu, Menebang Kayu, dan sepak bola api.

Puncak acara ini dimeriahkan oleh Pemilihan Duta Paiwisata Sukamara yang dikenal sebagai Kontes Ujang Aluh. Festival ini juga dimeriahkan dengan lomba tari-tarian tradisional yang berasal dari daerah pesisir dan pedalaman. Para peserta festival budaya ini berasal dari lima kecamatan se- Kabupaten Sukamara.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Sukamara Haji Windu Subagio mengatakan Kegiatan melalui Festival Budaya Gawi Barinjam ini diharapkan menjadi sebuah event untuk terus menggali, memasyarakatkan, mempertahankan dan mengembangkan serta melestarikan kebudayan-kebudayaan daerah. Marilah Kita Selalu Bersama-Sama Menumbuhkan Rasa Bangga Terhadap Budaya Daerah Kita Dan Budaya Kalimantan Tengah Pada Umumnya.

Semoga dengan dilaksanakannya Festival Budaya Gawi Barinjam Ke-10 Tahun 2016 di Gedung Gawi Barinjam akan mempromosikannya pariwisata dan budaya Kota Sukamara.

(Source – http://sukamarakab.go.id)

About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*